Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN


Proses Perumusan Inisiatif

Proses Perumusan Inisiatif

Para Staf Ahli dan CTO berperan sebagai substance dan event organizer dalam rangka penyusunan IS RBTK baru dan mengadakan serangkaian pembahasan baik dengan unit internal Kementerian Keuangan maupun stakeholders eksternal Kementerian Keuangan.

Perumusan IS RBTK tersebut didasarkan pada analisa SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, and threats) untuk melihat dan mengkaji kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan yang dihadapi oleh Kementerian Keuangan dengan memperhatikan tugas dan fungsi Kementerian Keuangan.

Adapun kriteria yang digunakan untuk merumuskan IS RBTK meliputi:

  1. berdampak langsung pada pencapaian strategic outcomes melalui optimalisasi peran Kementerian Keuangan;
  2. merupakan terobosan nasional dan memerlukan perhatian khusus Menteri Keuangan; dan
  3. memerlukan sinergi antar unit eselon I atau K/L (connecting the dots).

Untuk menjaga governance dan engagement unit eselon I, perumusan IS RBTK dilakukan melalui tahapan sebagai berikut:

  1. Pembahasan dan penyampaian usulan Insiatif Strategis dari seluruh Unit Eselon I kepada CTO yang dilakukan pada tanggal 7 s.d. 21 Oktober 2016. Usulan IS RBTK dituangkan dalam charter inisiatif yang memuat nama inisiatif, tujuan, latar belakang, pendukung kesuksesan, terobosan, milestone, outcomes, risiko, dan unit pengelola.  Usulan IS RBTK yang disampaikan ke CTO berjumlah 32 IS RBTK.
  2. Pembahasan IS RBTK per tema antara CTO, PMO, dan para Staf Ahli yang dilakukan pada tanggal 24 dan 25 Oktober 2016 untuk kalibrasi, sinkronisasi, dan penentuan prioritas usulan IS RBTK yang akan disampaikan kepada Menteri Keuangan.  Terdapat 22 usulan IS RBTK yang disepakati dalam forum ini.
  3. Pembahasan dalam Open Forum pada tanggal 31 Oktober 2016 yang melibatkan unit internal Kementerian Keuangan terkait dan stakeholders eksternal untuk menajamkan charter inisiatif dengan fokus pada latar belakang, terobosan, milestone dan outcomes beserta acceptance criteria.  Usulan IS RBTK yang dibahas pada Open Forum berjumlah 23 IS RBTK.
  4. Koordinasi lanjutan dengan seluruh unit eselon I dan kalibrasi usulan IS RBTK antara CTO, para Staf Ahli, dan Sekretaris Jenderal Kemenkeu selaku Ketua Tim Pengelola TRBTKP yang diaksanakan sampai dengan 25 November 2016.  Pada tahap ini telah disepakati 20 IS RBTK yang akan disampaikan kepada Menteri Keuangan pada acara Leaders Offsite Meeting.