Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN
ilustrasi

Optimalisasi Investasi Demi Genjot Pertumbuhan Ekonomi

Jakarta, 14/11/2017 Kemenkeu - Indonesia telah mendapatkan predikat sebagai negara layak investasi atau investment grade dari lembaga pemerintah internasional. Tugas pemerintah harus dapat mengoptimalkan hal tersebut agar mencapai pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi dan berkeadilan.
Investasi telah dalam tren yang cukup baik dalam tiga tahun terakhir. Namun porsinya memang belum sebesar konsumsi rumah tangga, hal ini diungkapkan Ekonom Senior Destry Damayanti dalam acara UOB Indonesia's Economic Outlook 2018, di Hotel Shangri-La, Jakarta, Selasa (14/11).
"Pemerintah juga harus geser konsumsi ke investasi," katanya.
Lebih lanjut, ia juga menjelaska mengenai struktur ekspor yang diharapkan juga terus ada perubahan, dari komoditas hasil pertambangan ke produk manufaktur. Hal ini juga sudah menunjukkan hasil yang positif.
"Juga harus dibenahi ya jangan komoditas terus, harus digeser," ujarnya.
Destry juga menambahkan, bahwa dalam mendorong perekonomian, pemerintah turut perlu memperhatikan kondisi global dengan cermat. Khususnya berkaitan dengan berbagai kebijakan Amerika Serikat (AS) dan China serta kawasan Uni Eropa. (mj/rsa)